TERIMA KASIH TELAH MAMPIR DI BLOG PELANGI
Blog gado gado yang sangat sederhana

Selasa, 12 Juni 2012

Candi Cangkuang


pada hari Sabtu tepatnya tag 9 juni 2012 saya jalan jalan ke daerah Garut , saya mengunjungi desa cangkuang kec leles garut jawa barat.

 Candi Cangkuang keberadaannya terletak  di sebuah pulau kecil yang bentuknya memanjang dari barat ke timur dengan luas 16,5 ha. Pulau kecil ini terdapat di tengah danau Cangkuang Tubuh bangunan candi bentuknya persegi empat 4,50 x 4,50 m dengan tinggi 2,50 m. Di sisi utara terdapat pintu masuk yang berukuran 1,55 m

Danau Cangkuang ini atau situ Cangkuang ini konon  adalah buatan  manusia dari seorang (sesepuh) Embah Dalem Arif Muhammad dan kawan-kawan serta masyarakat
 setempatlah yang membendung daerah ini, sehingga terjadi sebuah danau dengan nama "Situ Cangkuang" kurang lebih abad XVII.  Embah Dalem Arif Muhammad dan kawan-kawan berasal dari kerajaan Mataram di Jawa Timur. Mereka datang untuk menyerang tentara VOC di Batavia sambil menyebarkan Agama Islam di Desa Cangkuang Kabupaten Garut. Waktu itu di Kampung Pulo salah satu bagian wilayah dari desa Cangkuang sudah dihuni oleh penduduk yang beragama Hindu. Namun secara perlahan namun pasti, Embah Dalem Arif Muhammad mengajak masyarakat setempat untuk memeluk Agama Islam.


Candi Cangkuang ditemukan kembali oleh Team Sejarah Leles dan sekitarnya pada tanggal 9 Desember 1966. seorang ahli purbakala Islam pada lembaga purbakala pada masa itu.

Di samping candi terdapat makam sesepuh Yaitu makam Embah Dalem Arif Muhamad.
Untuk mencapai candi kita harus menyebrang situ/danau karena candi terletak di tengah tengah pulau ,dengan membayar 5ribu rupiah kita sudah bisa sampai kesana naik rakit yang terbuat dari bambu dan itupun untuk pembayaran pulang pergi . Murahkan ?
 Untuk lebih jelasnya tidak ada salahnya anda datang ketempat ini ! *by:pelangi*

Tidak ada komentar: