TERIMA KASIH TELAH MAMPIR DI BLOG PELANGI
Blog gado gado yang sangat sederhana

Senin, 06 Agustus 2012

Lailatul Qadar




Bismillahirrahmanirrahiim
Segala puji bagi Allah atas berbagai nikmat yang diberikan. Shalawat juga salam atas suri tauladan  Nabi Besar Muhammad Shallallohu ‘alahi wasallam , kepada para keluarganya sampai kepada pengikutnya

Disini saya akan mencoba menulis/mengulas  sedikit tentang keutamaan malam Lailatul Qadar dan pasti semua muslim/muslimah sudah tidak asing lagi bila pada bulan Ramadhan ada malam yang di sebut malam Lailatul Qadar . Kapan Lailatul Qadar itu datang ? lalu adakah tanda tandanya ? semoga kita dimudahkan oleh Allah untuk mendapatkan malam yang keutamaannya lebih baik dari seribu (1000) bulan.

Lailatul Qadar itu terjadi pada 10 malam terakhir pada bulan Ramadhan , sebagaimana sabda Nabi Muhammad Shallallohu ‘Alaihi Wasallam “Carilah Lailatul Qadar pada 10 malam terakhir dari bulan Ramadhan” ( H R Bukhori )
Dan “Carilah Lailatul Qadar di malam ganjil dari 10 malam terakhir di bulan Ramadhan” ( H R Bukhori )
Tanda tanda malam Lailatul Qadar 

1 : Udara dan angin di sekitar terasa tenang sebagaimana, dari Ibnu Abbas : Rosululloh Shallallohu ‘Alaihi Wasallam bersabda “Lailatul Qadar adalah malam yang penuh kelembutan , cerah , tidak begitu panas , juga tidak begitu dingin , pada pagi hari matahari bersinar lemah dan Nampak ke merah merahan “ ( H R Ath Thoyaiisi Haytsami mengatakan periwayatnya adalah tsiqoh /terpercaya.

2 : Malaikat menurunkan ketenangan sehingga manusia merasakan ketenangan tersebut dan merasakan kelezatan beribadah yang tidak didapat pada hari hari lainnya.

3 :Manusia dapat melihat malam ini dalam mimpinya sebagaimana yang terjadi kepada para sahabat nabi . kalau mereka mungkin tertidur dan tidak selagi terjaga dan bertasbih 
.
4 :Matahari akan terbit pada pagi hari dalam keadaan jernih tidak ada sinar . Dari Abi Bin Kaab bahwa Rosululloh Shallallohu ‘Alaihi Wasallam bersabda yang artinya “Shubuh hari dari malam Lailatul Qadar matahari  terbit tanpa sinar seolah olah mirip bejana hingga matahari itu naik ( H R Bukhori )

Setelah kita mengetahui tanda tandanya “Semoga Allah memudahkan kita untuk meraih malam Lailatul Qadar dan mendapat ampunan atas dosa dan khilaf kita . Amiin *by:pelangi*

Tidak ada komentar: