TERIMA KASIH TELAH MAMPIR DI BLOG PELANGI
Blog gado gado yang sangat sederhana

Sabtu, 03 Maret 2012

Anak Jalanan

    Anak jalanan adalah potret kehidupan yg se hari harinya sudah akrab di jalanan
mata dan telinga kitapun sudah tidak asing lagi melihat atau mendengar tentangnya.
karena di setiap sudut kota kota besar dapat dengan mudah kita menemukannya.
    Pada pagi hari saya mulai melangkah pergi ke tempat kerja di pusat keramaian
tak terhitung entah sudah berapa lama jalan itu kulalui.. di satu stopan saya berhenti
karena lampunya sedang merah dan mataku tertuju pada seorang bocah yang
membawa sebuah mandolin sambil duduk di trotoar . ku dengar suara bocah itu bernyanyi
kurang lebih begini : A a a andai aku jadi orang kaya , A a a a andai aku jadi konglomerat dst
saya trenyuh sama bocah yg ada di troroar itu. betapa tinggi dan hayalnya dia berandai seperti
orang kaya bermobil mewah .
lampu merahpun berganti menjadi hijau lantas saya bergegas pergi meninggalkan stopan itu
     Besoknya saya kembali lewat jalan itu dan ku temukan bocah itu sedang berjalan lalu
saya dekati dan saya keluar dari mobil yg saya setir sendiri.
lalu saya hampiri bocah itu dan bertanya : De dimana orang tuamu , kenapa tidak sekolah ?
si bocah menjawab : ibu saya sudah meninggal dan bapa saya entah dimana , saya sekolah siang Om
ku lihat ada butiran bening di sudut matanya yg bening .
lalu kutanya : Ade di sini sama siapa ?
bocah menjawab : sama teman2 saja Om , sambil mencari bapa saya yang konon kata ibu saya
beliau ada di kota ini .
saya tanya lagi : kapan ibumu meninggal ?
bocah menjawab lagi : kurang lebih 6bulan yg lalu ibu meninggal karena penyakit Kanker rahim
saya tanya lagi lebih jauh : memang ade tidak punya kakek atau nenek ?
Dia menjawab : punya Om cuma saya tidak tahu wajah2 mereka . karena sewaktu ibuku
mengandung saya usia kandungan 3bulan kakek kakek mengusirnya tukas si bocah sembari
nunduk , mungkin dia ingat sosok ibunya .
de mau gak kalau ade saya bawa dan diam di panti asuhan supaya kehidupan dan pendidikan ade
terjamin. saya mencoba menawarkan jasa . tapi dia menolak : terimakasih Om saya sudah terbiasa
hidup di sini jelasnya .
lalu saya tawarkan sesuatu : ini saja de kalau ade berubah pikiran mau diam di panti datang
saja ketempat saya ya jangan sungkan .si bocah lantah mengambil kartu nama saya dan
dilihat diperhatiakan tapi tiba2 matanya menoleh kemuka saya beberapa kali
saya merasa heran dan langsung saya tanyakan : kenapa de melihat wajah saya ada
yg anehkah di muka Om ? dia tak berani menjawab hanya kebingungan antara mungkin
dan tidak mungkin bahwa yg berdiri didepannya adalah bapanya.
kenapa de saya mencoba bertanya lagi , dia dengan terbata bata dan gugup mengucapkan
Om kenapa wajah om sama gengan wajah poto bapa saya cuma ada bedanya
kata ibuku dulu bapaku seorang pengayuh beca sedangkan Om ini beda .
dan saya bertanya coba lihat potonya siapa tau Om kenal sama beliau !
lau si bocah mengeluarkan 2 lembar potho yg sudah usang . . . .
saya ambil dan melihatnya
. . . . . Ya tuhaaaan ini pothoku dulu sama istri pertama saya . saya tertegun dan mendekati
bahkan lebih dekat kepada bocah itu yg ternyata adalah anak saya sendiri yg saya tinggalkan
karena sesuatu telah terjadi antara saya dengan keluarganya yg tidak menerima kehadiran
saya dalam keluarganya .dan bocah itu lalu ku bawa pulang setelah mohon pamit
kepada teman temannya .* TERNYATA IKATAN BATHIN SEORANG ANAK SAMA
BAPANYA BEGITU DEKAT*
begitupun cinta kita kalau sudah terikat bathin di antara kita suatu saat pasti di pertemukan
entah kapan tapi pasti* * *

Tidak ada komentar: